Friday, November 15, 2013

Cluster Computing

Cluster Computing adalah adalah sekumpulan komputer (umumnya server jaringan) independen yang beroperasi dan terlihat oleh klien jaringan seolah-olah komputer-komputer tersebut adalah satu buah unit komputer. Proses menghubungkan beberapa komputer agar dapat bekerja seperti itu dinamakan dengan Clustering.


KELEBIHAN CLUSTER COMPUTER

1.       High Availability
Jika ada salah satu server yg down maka system tidak mati krn ada server lain yang melakukan TakeOver system sehingga System Always Ready.
2.       Load balancing
Penyamarataan beban yang dapat mendistribusikan beban server ke semua server anggota cluster. Dengan begitu, kinerja dan skalabilitas server pun menjadi relatif lebih baik.
3.       Scalability
Biaya pembelian hardware Server bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kita.
4.       Simple for Manage Server
Lebih mudah menangani 1 System atau 1 Database yang di topang oleh kekuatan 100 server daripada me-manage 100 Server dengan Database / System yang berbeda
5.       Simple Upgrade & Extend Server
Kemudahan dalam pengembangan server dikemudian hari.

PERBEDAAN CLUSTER DENGAN GRID COMPUTING SYSTEM

Dari definisi kita dapat mengambil perbedaan dari kedua jenis jaringan ini :

Cluster computing. Adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam suatu jaringan komputer yang digunakan untuk mengerjakan suatu persoalan komputasi secara paralel dengan data yang sama. Umumnya berada pada satu jaringan komputer tersendiri, dan setiap komputer saling mempercayai komputer lainnya. Penggunanya menggunakan seluruh sumberdaya yang dimilikinya dan diharapkan dapat membuat semua komputer bekerja sesibuk mungkin. (Banyak komputer, satu jaringan, pengamanan minimal, penggunaan maksimal). 


Grid Computing. Adalah sekumpulan komputer (bisa juga sekumpulan komputer cluster) yang terhubung satu dengan lainnya melalui internet atau jaringan yang lebih luas. Umumnya berada pada beberapa jaringan sendiri, dan tiap komputer (cluster) memiliki metode pengamanan sendiri (certificate), yang harus dimiliki oleh komputer (cluster) lainnya untuk dapat berinteraksi. Penggunanya menggunakan seluruh sumberdaya yang dimilikinya dan diharapkan dapat membuat semua komputer bekerja sesibuk mungkin. (Banyak komputer, banyak jaringan/Internet, pengamanan maksimal, penggunaan maksimal).

1 comment: