Thursday, September 26, 2013

TIPE-TIPE JARINGAN KOMPUTER

KONSEP JARINGAN KOMPUTER
Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu  dengan  lainnya  dengan  menggunakan  media  komunikasi,  sehingga  dapat  saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb).



Dibandingkan  dengan  komputer  yang  berdiri  sendiri  (stand-alone),  jaringan komputer memiliki beberapa keunggulan antara lain:
·         Berbagi peralatan dan sumber daya (Resource Sharing)
Beberapa komputer dimungkinkan untuk saling memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti  printer,  harddisk,  serta  perangkat  lunak  bersama,  seperti  aplikasi perkantoran,  basis  data  (database),  dan  sistem  informasi.  Penggunaan  perangkat secara  bersama  ini  akan  menghemat  biaya  dan  meningkatkan  efektivitas  peralatan tersebut.
·         Integrasi data
Jaringan komputer memungkinkan pengintegrasian data dari atau ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut.
·         Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan komunikasi antar pemakai komputer, baik melalui e-mail, teleconferencedsb.
·         Keamanan (Security)
Jaringan  komputer  mempermudah  dalam  pemberian  perlindungan  terhadap  data. Meskipun data pada sebuah komputer dapat diakses oleh komputer lain, tetapi kita dapat membatasi akses orang lain terhadap data tersebut. Selain itu kita juga bisa melakukan pengamanan terpusat atas seluruh komputer yang terhubung ke jaringan.

TIPE- TIPE JARINGAN KOMPUTER

Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

   1.       Jaringan peer-to-peer(P2P) atau point-to-point


Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer  yang  menjadi  pelayan  utama  (server).  Sehingga  semua  komputer  dalam jaringan  dapat  saling  berkomunikasi  dan  berbagi  penggunaan  perangkat  keras  dan perangkat lunak.

   2.       Jaringan client-server


Pada jaringan client-serverterdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia  dalam  jaringan  komputer,  seperti  komunikasi,  penggunaan  bersama perangkat  keras  dan  perangkat  lunak  serta  mengontrol  jaringan.  Komputer  ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.

Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Topologinya
Topologi  merupakan  diagram  yang  mewakili  cara  komputer  terhubung  dalam jaringan. Terdapat bermacam-macam topologi di dalam teori jaringan komputer, namun secara garis besar terdapat empat macam, yaitu:

   1.       Topologi Bus


Seluruh komputer dalam jaringan terhubung dalam sebuah bus atau jalur komunikasi data utama/ backbone (berupa kabel). Komputer dalam jaringan berkomunikasi dengan cara mengirim dan mengambil data melalui bus

   2.       Topologi Ring


Sesuai  dengan  namanya,  ring atau  cincin,  seluruh  komputer  dalam  jaringan terhubung  pada  sebuah  jalur  data  yang  menghubungkan  komputer  satu  dengan lainnya secara sambung-menyambung sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah cincin. Topologi ini mirip dengan hubungan seri pada rangkaian listrik, dengan kedua ujung dihubungkan kembali, sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan, maka  hal  itu  akan  mempengaruhi  keseluruhan  jaringan.  Dalam  sistem  jaringan  ini, data dikirim secara berkeliling sepanjang jaringan (ring). Setiap komputer yang ingin mengirimkan data ke komputer lain harus melalui ring ini.

   3.       Topologi Mesh


Topologi  ini  sering  disebut  “pure  peer-to-peer”,  sebab  merupakan  implementasi suatu  jaringan  komputer  yang  menghubungkan  seluruh  komputer  secara  langsung. Saat  ini  sangat  jarang  digunakan  sebab  rumit  dan  tidak  praktis

   4.       Topologi Star


Dalam topologi ini masing-masing komputer dalam jaringan dihubungkan ke sebuah konsentrator dengan menggunakan jalur yang berbeda-beda, sehingga jika salah satu komputer  mengalami  gangguan,  jaringan  tidak  akan  terpengaruh.  Komunikasi  di dalam  jaringan  diatur  oleh  konsentrator,  berupa  hub maupun  switch.




Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jaringannya
Secara umum terdapat dua macam pembagian area jaringan komputer, yaitu Local Area Network(LAN) Wide Area Network(WAN)

   1.       Local Area Network (LAN)


Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer lokal, seluruh komputer yang terhubung ke jaringan terhubung pada satu pusat yang disebut gateway. LAN  biasa  ditemui  pada  jaringan-jaringan  kecil  dalam  suatu  ruangan  atau  lembaga tertentu. Dalam pengembangannya, LAN  berkembang menjadi sebuah  Metropolitan Area Network  (MAN),  yang  sudah  melibatkan  lebih  dari  satu  gateway ,  dan  biasanya  telah memiliki  sebuah  server utama.  MAN  biasanya  diterapkan  pada  Sistem  Informasi perkotaan.

   2.       Wide Area Network (WAN)



Jaringan  komputer  skala  luas  (WAN)  merupakan  pengembangan  dari  MAN  dan telah  melibatkan  lebih  dari  satu  server  utama,  masing  masing  server  utama  saling terhubung dan setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat saling mengakses server tersebut. WAN biasanya mencakup sebuah area yang sangat luas, bahkan antarnegara.  

Dalam  perkembangannya,  WAN  akan  berkembang  menjadi  sebuah  jaringan global yang biasa dikenal sebagai Interconnected-Networking(Internet). Untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lain maupun dengan jaringan  berskala  luas  (WAN),  diperlukan  sebuah  perangkat  khusus  untuk  mengatur gateway-nya, yaitu Router.


0 comments:

Post a Comment