Tuesday, October 1, 2013

MENGENAL TERMINAL PADA DEBIAN 6.0

Di dalam mengoperasikan sistem operasi Debian Linux, kita dapat menggunakan dua antarmuka (interface) yaitu antarmuka berbasis grafis (Graphical User Interface |GUI) dan antarmuka berbasis teks (Command Line Interface | CLI). Untuk menggunakan antarmuka berbasis grafis tidaklah sulit karena sudah banyak sistem operasi menggunakan antarmuka ini. Untuk mengoperasikan sistem operasi Debian Linux menggunakan antarmuka berbasis teks adalah dengan mengetikkan perintah-perintah yang dimengerti oleh sistem di dalam shell atau biasa disebut dengan terminal.

Linux shell merupakan tool berbasis teks untuk berinteraksi dengan komputer. Linux shell sering juga disebut dengan xterm, konsole, terminal, shell command, ataupun shell. Shell ini merupakan antarmuka penghubung user dengan sistem. Shell juga sering disebut dengan interpreter yang mengoperasikan sebuah loop sederhana yakni menerima perintah, menginterpretasikan perintah, menjalankan perintah,  dan  menunggu  perintah  masukan  berikutnya. Perintah yang kita ketikkan akan diterjemahkan oleh shell menjadi sebuah operasi yang harus dilakukan oleh kernel.

Pada  sistem  operasi  seperti  Ms-Windows  dan  MacOS,  penggunaan  shell command  sudah  mulai  dikurangi  atau  bahkan  dihilangkan  sama  sekali.  Pada beberapa sistem operasi, para pengguna semakin dimanja dengan penggunaan mode grafis (Graphical desktop) dan tidak memperdulikan lagi penggunaan shell command tersebut.

Satu  hal yang  menarik dari  sistem  operasi  gnu/linux adalah penggunaan  shell command tetap dipertahankan karena beberapa alasan berikut:
·         Kebanyakan konfigurasi sistem dapat dilakukan dari shell command.
·         Linux  shell  memberikan  fleksibilitas  terutama  saat  anda  bekerja dengan banyak file.

·   Untuk tindakan penyelamatan terhadap sebuah data atau recovery terhadap sistem  dan  pekerjaan  maintenance  sistem  pada  single  mode dapat  anda lakukan lewat shell command.


Memulai Terminal Pada Sistem Operasi Debian

Cara 1
Pada menu aplication pilih accessories kemudian klik terminal


Kemudian akan muncul shell dan kita dapat mengetikkan perintah


Cara 2
Tekan ALT+F2 sehingga muncul Run Aplication


Kemudian Klik Run

 
terminal sudah dapat digunakan dengan mengetikan commang/ perintah.

0 comments:

Post a Comment