Wednesday, October 2, 2013

MIDDLEWARE


1.         Pengertian Middleware

Middleware  adalah  software  penghubung  yang  berisi  sekumpulan  layanan  yang memungkinkan  beberapa  proses  dapat  berjalan  pada  satu  atau  lebih  mesin  untuk  saling berinteraksi pada suatu jaringan. Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda.

Dalam  dunia  teknologi  informasi,  terminologi  middleware  merupakan  istilah  umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk  meningkatkan  fungsi  dari  dua  buah  program/aplikasi  yang  telah  ada.  Perangkat  lunak middleware  merupakan  perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan yang ada di sistem operasi.

2.       Fungsi Middleware

Fungsi-fungsi dari middleware adalah sebagai berikut :
·         Menyediakan  lingkungan  pemrograman  aplikasi  sederhana  yang  menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
·         Menyediakan  lingkungan  pemrograman  aplikasi  yang  umum  yang  mencakup berbagai komputer dan sistem operasi.
·         Mengisi  kekurangan  yang  terdapat  antara  sistem  operasi  dengan  aplikasi,  seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.

3.       Layanan Middleware

Layanan  Middleware  merupakan  sekumpulan  software  terdistribusi  yang  menempati lapisan antara aplikasi dan sistem operasi serta layanan jaringan di suatu node pada jaringan komputer.  Menyediakan  kumpulan  fungsi  API  (Application  Programming  Interfaces)  yang lebih  tinggi  daripada  API  yang  disediakan  sistem  operasi  dan  layanan  jaringan  yang memungkinkan suatu aplikasi dapat :
·         Mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada jaringan.
·         Menyediakan interaksi dengan aplikasi atau layanan lain.
·         Tidak tergantung dari layanan jaringan.
·         Handal dan mampu memberikan suatu layanan
·         Diperluas (dikembangkan) kapasitasnya tanpa kehilangan fungsinya

Tipe-tipe dari Layanan Middleware :
a.       Layanan Sistem Terdistribusi
Komunikasinya bersifat  kritis, program-to-program  dan  biasanya merupakan  layanan manajemen data seperti: RPC, MOM (Message Oriented Middleware) dan ORB.
b.      Layanan Application
Aksesnya  ke layanan terdistribusi dan jaringan, seperti  :   TP (transaction  processing) monitor dan layanan database, seperti Structured Query Language (SQL).
c.       Layanan Manajemen Middleware
Memungkinkan  aplikasi  dan  fungsi  dimonitor  secara  terus  menerus  untuk menyakinkan unjuk kerja yang optimal pada lingkungan komputasi terdistribusi.


Contoh-contoh dari layanan middleware :

v  Transaction Monitor
Merupakan  Produk  pertama  yang  disebut  middleware.  Menempati  posisi  antara permintaan  dari  program  client  dengan  database,  untuk  menyakinkan  bahwa  semua transaksi ke database terlayani dengan baik.

v  Messaging Middleware
Merupakan  antarmuka  dan  transportasi antar  aplikasi.  Dapat  menyimpan  data  dalam suatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau overloaded.   Berisi business logic yang merutekan message ke tujuan sebenarn ya dan memformat ulang data lebih tepat.  Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middleware digunakan untuk mengirim data antar aplikasi.

v  Database Middleware
Middleware  basisdata  menyediakan  interface  antara  sebuah  query  dengan  beberapa database  yang  terdistribusi.  Menggunakan,  baik  arsitektur  hub  and  spoke  atau arsitektur terdistribusi, sehingga memungkinkan data untuk digabungkan dari beberapa sumber data yang berbeda atau terpisah.

v  Middleware Application Server

Merupakan  sebuah  Web-based  Application  server,  yang  menyediakan  antarmuka untuk  berbagai  aplikasi.  Digunakan  sebagai  middleware  antara  browser  dengan aplikasi.  J2EE adalah contoh application serverA wide range of server -side processing has been supported by appservers (i.e.;J2EE).

0 comments:

Post a Comment