Monday, December 2, 2013

LTE (Long Term Evolution)

LTE (Long Term Evolution) adalah sebuah nama baru dari layanan yang mempunyai kemampuan tinggi dalam sistem komunikasi bergerak (mobile). LTE sendiri merupakan standar komunikasi dasar nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System)/HSDPA yang diperkenalkan pada 3rdGeneration Partnership Project (3GPP) Release 8. LTE merupakan langkah evolusi lanjutan dari 3G menuju generasi 4G dari teknologi radio yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan telepon mobile. Format LTE pertama kali diusulkan oleh operator NTT CoOMo dari Jepang dan telah diadopsi sebagai standar Internasional. Layanan LTE pertama di dunia dibuka oleh TeliaSonera di dua kota di Skandinavia yaitu Stockholm dan Oslo pada 14 Desember 2009. Yang kemudian diikuti oleh Amerika Serikat dan Jepang pada tahun 2010.


LTE memberikan tingkat kapasitas downlink sedikitnya 100 Mbps, dan uplink paling sedikit 50 Mbps dan RAN round-trip kurang dari 10 ms. LTE mendukung operator bandwidthdari 20 MHz turun menjadi 1,4 MHz dan mendukung pembagian duplex (FDD) dan waktu pembagian duplexing (TDD).


KELEBIHAN LTE

1.    Bila koneksi ke LTE lambat, maka sinyal dapat dialihkan ke jaringan teknologi lain seperti GSM, LTE mempunyai spektrum antara 1,4 MHz sampai 20 MHz.
2.     Di sisi transmisi, LTE menggunakan SC-FDMA untuk uplink dan OFDMA untuk downlink yang dapat lebih efisiensi dalam penggunaan energi.
3.      Dari sisi antena, menggunakan antena MIMO yang dapat memungkinkan antena untuk melewatkan data berukuran besar yang sebelumnya dipecah dan dikirim secara terpisah.
4.     Tingkat download sampai dengan 299.6 Mbis/s dan tingkat upload hingga 75.5 Mbis/s tergantung pada kategori perangkat yang digunakan.
5.  Peningkatan dukungan untuk mobilitas, sebagai contoh dukungan untuk terminal bergerak hingga 350km/jam atau 500 km/jam tergantung pita frekuensi.
6.    Dukungan untuk semua gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem IMT dan ITU-R.

KEKURANGAN LTE
1.    LTE bukanlah teknologi yang kebal terhadap cuaca buruk. Performa terbaiknya akan segera hilang   ketika cuaca buruk datang menyerang.
2.   Jika jaringan tidak sepi trafiknya maka belum tentu koneksi video streaming bisa tanpa putus. Namun                  masih cukup memuaskan ketika digunakan banyak orang.

0 comments:

Post a Comment